BEDAH MINIMAL INVASIF DENGAN ENDO – LAPAROSKOPIK DAN KEUNTUNGANNYA

Selasa, 26 Maret 2013 14:19:04 - oleh : admin

SIMPOSIUM SEHARI
 “ BEDAH MINIMAL INVASIF DENGAN ENDO – LAPAROSKOPIK DAN KEUNTUNGANNYA”
KERJASAMA ANTARA RS. BUDI KEMULIAAN BATAM DENGAN PERHIMPUNAN BEDAH ENDO – LAPAROSKOPIK INDONESIA TAHUN 2013

BEDAH MINIMAL INVASIF DENGAN ENDO – LAPAROSKOPIK DAN KEUNTUNGANNYA

Pada akhir abad ke-20 dengan ditemukannya teknik bedah Laparoskopi (Bedah Minimal Invasif) merupakan suatu revolusi dalam bidang ilmu bedah, dimana teknik bedah ini akan terus berkembang sehingga menggantikan operasi-operasi dengan teknik konvensional (pembedahan klasik) kecuali pada kasus-kasus tertentu seperti kelainan congenital (cacat bawaan), bedah kosmetik, dll. Prosedur operasi ini menggunakan pencitraan pada monitor video dengan memakai teleskop dan sistem endokamera, adapun keuntungan dari Bedah Laparoskopi adalah :

  • Mengurangi kerusakan pada jaringan
  • Mengurangi nyeri pasca bedah
  • Penyembuhan luka bekas operasi yang lebih cepat
  • Pemulihan peristaltik usus dalam waktu yang tidak terlalu lama
  • Hasil estetik
  • Mencegah perlengketan (adhesi) pasca bedah
  • Visualisasi lebih jelas pada penderita obesitas
  • Masa pulih lebih cepat
  • Rawat inap lebih singkat
  • Kembali kepada aktifitas/rutinitas pekerjaan lebih cepat

untuk lebih memperjelas hal tersebut maka dibahas mengenai Bedah Laparoskopi  pada hari Minggu tanggal 03 Maret 2013 yang lalu bertempat di lantai 3 Gedung Soedarsono Darmosoewito. RS. Budi Kemuliaan Batam melaksanakan acara SIMPOSIUM SEHARI  dengan tema “ BEDAH MINIMAL INVASIF DENGAN ENDO – LAPAROSKOPIK DAN KEUNTUNGANNYA ( Kerjasama antara RS. Budi Kemuliaan Batam dengan Perhimpunan Bedah Endo – Laparoskopik Indonesia ), acara tersebut dihadiri para peserta dari Dokter Umum ataupun Dokter Spesialis dari Seluruh Kepulauan Riau dan disambut dengan baik oleh para peserta
SIMPOSIUM SEHARI “ BEDAH MINIMAL INVASIF DENGAN ENDO – LAPAROSKOPIK DAN KEUNTUNGANNYA Kerjasama antara RS. Budi Kemuliaan Batam dengan Perhimpunan Bedah Endo – Laparoskopik Indonesia merupakan salah satu agenda yang telah dicanangkan oleh Perhimpunan Bedah Endo – Laparoskopik Indonesia dan dengan menghadirkan para narasumber yang sangat ahli di bidangnya yaitu :

  1. Dr. Anna Unzia, SpB  berasal dari Batam, pekerjaan terakhir sebagai Ka. SMF Bedah RS. Budi Kemuliaan Batam.
  2. Dr. Berlian Sutedja, SpB Berasal dari Jakarta, pekerjaan terakhir sebagai Direktur Utama RS. Gading Pluit Jakarta.
  3. Dr. Errawan Wiradisuria, SpB-KBD, M. Kes berasal dari Jakarta pekarjaan terakhir di RS. Persahabatan General Hospital Jakarta, General surgeon,, Consultan in Digestive in Digestive ad Laparoscopic Surgery, Ketua PBEI (Perhimpunan Bedah Endo – Laparoskopi Indonesia)

Acara tersebut dimaksudkan untuk lebih meningkatkan ilmu pengetahuan dan peran serta dokter umum dan dokter spesialis dalam memberikan  penjelasan dan masukan kepada pasien ataupun seluruh lapisan masyarakat yang belum mengerti mengenai arti dari Bedah Endo - Laparoskopi dan Keuntungannya.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Kegiatan RSBK" Lainnya